Sunday, October 21, 2007

Divine Kids



GAME WORLD COMPETITION : The Game world all over the world was dominated by game from America and Japan, including in Indonesia also.
Saw the Chinese situation, Korea, Hong Kong that also want to raised game domestic they, Divine Kids Associates (DKA) tried to take part in taking the part.


DKA mengakui bahwa game-game asing jauh lebih bagus dari game yang dibuatnya, mereka jauh lebih proffesional dan hasilnya jauh lebih mantap. Untuk menyaingi game asing pasti sangatlah berat, tetapi kalau tidak dimulai dari sekarang, ya kapan lagi?

KOMIKUS PADA AWALNYA : David Setiabudi,S.Sn,AmRO yang berawal dari pembuat komik Solid Kids melihat komik, animasi, dan game Indonesia yang lemah. Karena senang dalam dunia komik, mulailah David berangan-angan, bagaimana jika karakter yang dibuatnya dapat bergerak? Background David adalah lulusan Fakultas Desain Univ.Tarumanagara (S1), dan Refraksinis Optisien (Kedokteran Optik Mata D3). Akhirnya meski tidak ada backround Tekhnik Informatika, David mencoba belajar sedikit-sedikit tentang pemrograman sederhana.

PELAJARAN BUAT GAME DI UNIVERSITAS : Pada tahun 2003, David mulai mengajar di FSRD Untar sebagai Dosen dan Binus Center sebagai Special Leveled Instructor. Di dalam kampus-kampus tidak ada pelajaran yang khusus mengajarkan game. David mencoba mengajarkan pelajaran pembuatan game di FSRD Untar. Berat sekali membuka jalan, kadang menerima cacian dan makian dari pihak-pihak tertentu, tetapi tetap dijalankan. .Pengajaran ini juga ada di Binus Center walau masih permulaan.Tahun 2004 akhirnya Divine Kids Associates dibentuk dan mencoba menghasilkan game juga. Dari banyak game yang diseleksi, lolos 10 game , dan terus memproduksi. David sendiri menciptakan 3 game Divine Kids juga. Majalah PCGAME 5/2004 menerbitkan artikel dan 1 CD exclusive berisi 16 game Divine Kids Associates Ini adalah CD exclusive pertama kalinya.

TENTANG GAME PERTAMA INDONESIA : Kenapa game Divine Kids ini disebut yang pertama? Apa sebelumnya tidak ada game Indonesia? Katanya David mengakui sebelum dirinya telah banyak orang-orang di Indonesia telah membuat game, tetapi kenapa DIVINE KIDS disebut Game Pertama Indonesia?

Dari pertama komputer diciptakan dan masuk di Indonesia sampai sekarang, David yakin pasti ada beberapa orang di Indonesia yang pernah membuat game. Game-game tsb dibuat menggunakan komputer sebelum era prossor pentium seperti sekarang. David sendiri membuat game pesawat "SIEGE" dengan program GWBASIC secara underground sewaktu SMA.Game ini dibagikan ke teman-teman sendiri karena hobby.Waktu David SMP aja pernah dengar ada orang bikin game, anda juga kan? . Ini membuktikan periode sebelum Divine Kids, ada game-game Indonesia lain. Banyak orang telah membuat game secara underground, entah sebagai hobby, atau pekerjaan. Siapa yang pertama benar-benar susah untuk ditelusuri. Jika ada satu yang mengaku sebagai pembuat pertama, yang lain juga mengakui lagi. Pembuat game underground ada di mana-mana tetapi datanya misterius : jumlah game orisinil yang ada di Indonesia banyak atau sedikit, ada di daerah mana tepatnya, ada yang tahu gamenya tidak atau disimpan di rumah saja , dll tidak diketahui dengan jelas.

Jika anda ingin membuat Game Indonesia yang BENAR-BENAR pertama, mungkin anda harus naik "mesin waktu", saat komputer masuk ke Indonesia dan software masih sederhana, saya mengumumkan game ciptaan saya. Pasti semua setuju. Tapi saya dilahirkan di jaman ini waktu ini. Apa saya harus menyesal dilahirkan di waktu ini? Apa saya harus ciptakan mesin waktu?

Waktu tidak dapat diputar, tidak dipungkiri saya tidak hidup di jaman unit komputer pertama kali masuk Indonesia. Itu fakta. Apa yang ada di jaman ini, ya itu yang kita lihat dengan membuka mata lebar-lebar. Lihat apa yang dibutuhkan dunia game Indonesia? Sudah bagus? Kurang apa? Lebihnya apa? Lihat game asing dari Jepang dan Amerika merajai di Indonesia!

Di mata David waktu menjadi komikus bahwa komik dan game Indonesia kurang berkembang, kurang bergairah, kurang dikenal masyarakat. David yang merupakan pembuat komik dan game underground merasa geregetan melihat hal ini. Apa yang bisa seorang David lakukan? SMA saja baru lulus....D

Sewaktu kuliah di ARO Leprindo (D3 Kedokteran Optik Mata), langkah awal meski berat dan diejek-ejek, akhirnya komik Solid Kids yang awalnya underground (dibaca teman-teman kalangan sendiri) bisa diangkat muncul diterbitkan ke umum....Tentunya melalui perjuangan.

Bagaimana dengan game? David merasa tidak bisa membuat game kalau kuliah di situ (karena memang tidak diajarkan buat game di kedokteran).Akhrinya mengambil kuliah di FSRD Univ.Tarumanagara, belajar tentang desain sambil mempelajari logika pemrograman. Game undergroundnya yang semula hanya disimpan : DIVINE KIDS bisa terbit dan dibagi ke umum, pertama kali di majalah CHIP. David benar-benar bertekad mulai detik ini untuk membantu mengangkat Game Indonesia yang kurang berkembang. Dia yakin banyak orang bertekad sama mau memajukan game Indonesia.

Setelah beberapa game dibuat, David mulai berpikir untuk membangun fondasi untuk game "Divine Kids" nya. Pertama adalah rasa peduli akan Hukum dan Hak atas Kekayaan Intelektual. Didaftarkanlah karakter-karakter dan logo Divine Kids. Modalnya berasal dari tabungan kerja part timenya semasa kuliah. Mungkin jarang waktu itu orang menciptakan game orisinal ditambah mendaftarkan gamenya ke Ditjen HAKI. David akhirnya mendapat ide untuk mendaftarkan "GAME PERTAMA INDONESIA" buat Divinekids, dan disetujui. Senang sekali rasanya. Mendapatkan "Game Pertama Indonesia" merupakan simbol tekad David memajukan game Indonesia mulai detik itu. Dengan strategi marketting dan ilmu desain yang dipelajari di kampus, David mencoba membuat suatu promosi untuk Divine Kids supaya dikenal.Karena kalau diterbitkan tanpa diketahui orang juga percuma. Orang yang dulu tidak care/ tidak perduli game Indonesia seperti apa, dan mau dibawa kemana dunia game orisinal ini diharapkan menjadi : lebih peduli, lebih tanggap, terlebih lagi ingin ikut berkreasi bersama-sama.

Semarang, 27 Januari 2005, Museum Rekor Indonesia (MURI) memberikan award kepada David "Pembuat Game Pertama di Indonesia (Divine Kids)". Disini disahkan 2 hal secara resmi bahwa David Setiabudi adalah pembuat game pertama Indonesia dan Game Divine Kids sebagai Game Pertama Indonesia. Award diserahkan secara langsung oleh Bpk.Jaya Suparna, pendiri MURI. Dihadiri juga oleh Kak Seto Mulyadi yang mendukung David terus menerus sejak pertama kali skripsi tentang game.

1 comment:

  1. Terima kasih atas review dan dukungannya.
    Saya ingin menginformasikan tentang game terbaru saya :
    CAMPUS FIGHTER-game tinju dengan fotografi mahasiswa

    Download gratis
    www.gameindonesiagratis.com/campusfighter.zip

    CHERRY DAYS-Game dating dengan foto mahasiswi

    Download gratis
    www.gameindonesiagratis.com/cherrydays.zip

    Atau bisa didownload divinekids.com

    ReplyDelete